Senin, 30 Desember 2013

Tulisan 12 : BI Dorong UMKM Berorientasi Produksi Produk Teknologi


Tulisan 12
Berkat Kristian Zega/29211191/3EB04

BI Dorong UMKM Berorientasi Produksi Produk Teknologi
 Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) terus memperkuat kebijakan terkait dengan UMKM demi mendorong penguatan stabilitas sistem keuangan dan mendukung kebijakan di bidang sistem pembayaran. UMKM dipilih karena memiliki dampak sistemik dalam membantu perekonomian nasional.

"Dan yang utama adalah memberikan dorongan bagi UMKM, karena terbukti sebagai segmen yang tahan krisis," ujar Gubernur BI Agus Martowardojo usai acara 'Bankers Dinner tahun 2013' di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (14/11) malam.

Menurutnya, kebijakan UMKM memberikan dampak positif bagi semua kalangan terutama masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan dengan memperluas lapangan kerja. Agus berharap di masa mendatang UMKM dapat menghasilkan produk teknologi tinggi guna memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia yang semakin meningkat.

"Penerapan teknologi diterapkan jadi tidak dipenuhi oleh impor saja melainkan UMKM," jelas dia.
Agus juga menyarankan bukan hanya UMKM yang berkelas menengah saja yang dapat menerapkan hal tersebut tetapi juga semua lapisan UMKM. "Jangan mengandalkan UMKM yang berkelas menengah tapi mengharapkan UMKM yang mempunyai inovasi dan teknologi yang baik sehingga bisa memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia yang penghasilannya cenderung meningkat," ungkapnya.

Sumber              :
Tanggal Kutip   :  24 November 2013
Analisis             :
Kebijakan UMKM di dorong Bank Indonesia untuk penguatan stabilitas sistem keuangan dan mendukung kebijakan di bidang sistem pembayaran. UMKM ini dipilih karena memiliki dampak sistemik dalam membantu erekonomian nasional  dan sebagai segmen yang tahan krisis. Kebijakan UMKM juga memberikan dampak positif bagi semua kalangan terutama masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan dengan memperluas lapangan pekerjaan dan UMKM sangat diharapkan dapat menghasilkan produk teknologi tinggi guna memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia yang semakin meningkat. Dengan adanya kebijakan UMKM ini dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada karena dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar